ARTIKEL

SUMBANGAN ILMU KOMUNIKASI TERHADAP STUDI MASYARAKAT INDONESIA DALAM LINGKUP NASIONAL DAN GLOBAL

 Heterogenitas membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unik, terlebih dalam hal sistem sosial masyarakatnya. Hal ini didukung banyak faktor, baik secara teoretis maupun secara praktis. Meski demikian, heterogenitas bangsa Indonesia tak jarang memberikan dampak negatif dalam tatanan sistem sosialnya. Berbagai masalah kerap muncul seiring dengan perkembangan sosialnya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam mengorganisir hal tersebut seperti sumbangsih ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan berperan dalam aspek tertentu untuk mendukung sistem sosial di masyarakat. Ilmu pengetahuan yang paling memberikan sumbangsihnya dalam permasalahan sistem sosial atau masyarakat adalah ilmu pengetahuan sosial. Dalam rumpun ilmu sosial ini dikaji berbagai permasalahan sosial dari berbagai sisi khajanah ilmunya. Mulai dari aspek sosiologis, geografis, psikologis, kriminologi, ekonomi hingga aspek komunikasi. Ilmu komunikasi merupakan kajian ilmu sosial dalam hal proses penyampaian pesan. Dalam sistem sosal tentunya terjadi kegiatan komunikasi antar anggota masyarakat, baik secara verbal, nonverbal, disengaja maupun tidak disengaja. Hal ini selaras dengan ungkapan We Can’t not Communications. Karena pada dasarnya komunikasi merupakan modal dasar manusia untuk dapat berhubungan dengan sesama anggota masyarakatnya. Kerena dengan berkomunikasi sistem sosial dapat terpelihara dalam hal hubungan antar anggotanya.

Dalam ilmu komunikasi dikenal berbagai fungsi yang menunjang setiap objek kajiannya. Salah satunya adalah komunikasi sosial. Dalam fungsi sosial ini dijelaskan mengenai fungsi komunikasi dalam memenuhi kebutuhan, menjalin hubungan dan menyelesaikan permasalahan baik dalam skala individu maupun sosial. Ini mengindikasikan komunikasi memiliki peran vital dalam mengkaji masyarakat Indonesia, seperti yang akan dikaji dalam mata kulian studi masyarakat Indonesia.

Selain komunikasi sosial sebagai fungsi dari komunikasi, dalam ilmu komunikasi juga dikaji mengenai bagaimana mempelajari kultur dari berbagai bangsa di dunia. Hal ini menjadikan proses perkembagan masyarakat sampai pada titiknya. Dengan ilmu komunikasi masyarakat bisa mengenal latar belakang budaya antar bangsa, sehingga lahirlah kultur yang baru. Dengan demikian, mata kuliah studi masyarakat Indonesia akan semakin menarik dengan tinjauan aspek ilmu komunikasi.