Dunia jaringan internet atau yang sering kita sebut dengan dunia maya merupakan suatu ruang yang memungkinkan orang melakukan apa saja sesuai dengan yang dikehendakinya. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia (Wikipedia Bahasa Indonesia).

Pengertian di atas dapat kita analisis tiga kegiatan atau aktivitas dalam media sosial, yaitu berpartisipasi dalam arti sebagai seorang pengguna media sosial, kita sudah berpartisipasi mengembangkan media sosial sesuai dengan perkembangan zaman. Kemudian berbagi, dalam arti aktivitas yang terjadi dalam media sosial merupakan sarana berbagi mengenai suatu hal antar pengguna media sosial untuk terciptanya suatu hubungan. Dan yang terakhir adalah menciptakan isi, dalam arti media sosial memberikan ruang kosong yang harus diisi oleh penggunanya untuk memungkinkan pengguna tersebut berinteraksi dalam media sosial.

Banyak para pakar yang memberikan pengertian mengenai media sosial, salah satunya Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, mereka mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Pengertian media sosial ini merupakan suatu gambaran dari produk media sosial, yaitu kelompok aplikasi berbasis internet. Hal ini dapat kita interpretasikan pengertian diatas focus media sosial sebagai sebagai objek pengguna.

Dari pemaparan mengenai media sosial di atas dapat dilihat benang merah bahwa media sosial merupakan suatu aktivitas pengguna dalam berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi terhadap kelompok aplikasi yang berbasis internet sebagai objek aktivitas. Dengan demikian, aktivitas media sosial di dukung dengan proses input dan output sebagai suatu sistem.